Rekomendasi Wisata Solo untuk Para Petualang

Solo

Soloraya adalah sebuah kawasan di Jawa Tengah yang terdiri dari Kota Solo dan sekitarnya. Dahulu, pada masa Orde Baru, pemerintah menyebut daerah-daerah yang meliputi Soloraya dengan sebutan Subosukowonosraten (Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, dan Klaten).

Dilihat secara geografis, topografi Soloraya cukup beragam. Bidang pariwisata diuntungkan dengan adanya keanekaragaman topografi ini. Banyak sudut-sudut wilayah yang berpotensi dijadikan lokasi pariwisata. Beberapa di antaranya telah terkelola dengan baik. Namun, ada juga yang masih membutuhkan manajemen pariwisata lebih baik atau promosi yang gencar.

Petualang yang ingin menjadikan Soloraya sebagai arena penjelajahan mungkin sudah mengenal banyak tempat. Berikut ini, kami mencoba menyertakan beberapa tempat wisata, baik wisata alam maupun budaya, yang mungkin luput dari radar para petualang.

  1. Sahasra Adhi Putra

Objek pariwisata bernama Sahasra Adhi Putra ini berlokasi di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Lokasinya cukup strategis dari Kota Solo yaitu sekitar empat kilometer jauhnya. Warga sekitar sering menyebutnya Candi Sonosewu. Meskipun disebut sebagai candi, yang di Indonesia identik dengan peninggalan Hindu-Buddha, Sahasra Adhi Putra sebenarnya merupakan buatan orang baru-baru ini.

candi sonosewu

Adalah Hardjanta Pradjapangarsa, seorang guru spiritual, yang menginspirasi pembuatan miniatur-miniatur bangunan kuno dari seluruh dunia. Usai sang guru meninggal dunia, muridnya yang bernama Kjartan Johansen meneruskan pembangunan Sahasra Adhi Putra pada tahun 1998. Pria asal Norwegia itu lalu mengelola tempat wisata ini.

Miniatur yang ada di Sahasra Adhi Putra antara lain Stonehenge (Inggris), Piramida Agung (Mesir), kuil Mnadjra (Pulau Malta), Serpent Mound (AS), dan Piramida Suku Maya (Mexico). Semua miniatur dikerjakan dengan ketelitian tingkat tinggi sehingga bisa menunjukkan posisi matahari dan benda angkasa lainnya. Sebagai contoh, miniatur Piramida Agung Mesir mempunyai lorong yang menunjukkan rasi bintang Alpha Draconic, Orion, Sirius, dan Beta Ursa Minor.

Anda dapat menjangkau Sahasra Adhi Putra dengan menyewa mobil melalui aplikasi Android DOcar : Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda.

  1. Pantai Banyutowo

Kabupaten Wonogiri adalah satu-satunya wilayah Soloraya yang memiliki garis pantai. Maka dari itu, pantai di Soloraya termasuk langka. Pantai Banyutowo adalah salah satu pantai di Wonogiri yang memiliki karakteristik unik.

Letaknya berada di pertemuan laut asin dan air sungai bawah tanah yang tawar sehingga memiliki dua karakteristik rasa. Nama pantai memang berasal dari ujaran bahasa Jawa yang berarti “air tawar” (Banyu= air, Towo= tawar).

Keunikan Pantai Banyutowo ternyata membawa berkah tersendiri bagi pengunjung. Air tawar yang ada di pantai tidak akan membuat lengket kulit saat bermain air. Sensasi lengket yang ada di air laut yang asin tidak akan dirasakan wisatawan di sini.

pantai banyutowo

Pantai Banyutowo belum dapat dimanfaatkan warga sekitarnya dengan baik. Aliran bawah tanah yang mengalir dari celah-celah perbukitan hanya dibiarkan terbuang sia-sia tanpa bisa dibendung.

Paket wisata sewa mobil ke Wonogiri dapat dipesan melalui aplikasi Android DOcar. Unduh sekarang juga, gratis di Google Play Store!

  1. Deles Indah

Kawasan dataran tinggi Deles Indah terletak di Desa Sidorejo, Klaten. Tepatnya di sebelah timur lereng Gunung Merapi. Kawasan ini sangat tepat dijadikan tempat melihat beberapa objek wisata dari atas bukit.

Pengunjung dapat melihat Pabrik Gula Gondang Baru, Pabrik Gula Ceper Baru, Rawa Jombor, dan Kota Klaten dengan jelas dari atas. Deles Indah memang bisa disejajarkan dengan Puncak di Bogor atau Bukit Bintang di Gunungkidul dalam hal pemandangan dari atas bukit.

deles indah

Namun, bukan hanya pemandangan alam saja yang bisa disaksikan di Deles Indah tetapi juga beberapa peninggalan sejarah. Paku Buwana X pernah singgah dan membuat pesanggrahan di sini. Selain itu, ada Makam Kyai Mlayopati yang sering dijadikan tempat bersemedi atau berziarah.

Pesona alam di Deles Indah tak kalah menarik dari objek wisata lainnya. Ada Taman Ngajaran, Taman Pring Cendani, Sendang Kali Reno, dan Gua Sapuangin yang siap dikunjungi. Semua lokasi ini dapat dijangkau dengan jarak satu sama lain yang tidak terlalu jauh.

Kunjungi Deles Indah dengan moda transportasi mobil sewa. Anda dapat menyewa mobil langsung dari perangkat Android milik Anda dengan aplikasi DOcar : Solusi Sewa Mobil solo Pilihan Anda.

Tiga lokasi wisata di atas dapat menjadi pilihan bagi para petualang saat menjelajahi Soloraya. Sampai jumpa kembali di rekomendasi paket wisata selanjutnya.

No comments yet

leave a comment

*

*

*