Berkunjung ke Jalan Pahlawan Semarang : Ruang Publik dan Pusat Jajanan Kaki Lima Semarang

Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang adalah tengara paling terkenal se-Kota Semarang. Di tengah-tengah persimpangan tersebut terdapat Lapangan Pancasila yang biasanya digunakan untuk apel dan pesta rakyat.

Simpang Lima Semarang adalah pertemuan antara Jalan Ahmad Yani, Jalan Gadjah Mada, Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Pandanaran, dan Jalan Pahlawan. Kali ini, kami akan membahas spot-spot wisata menarik di Jalan Pahlawan.

Ruas jalan utama di Kota Semarang ini adalah ruang publik favorit warga di akhir pekan. Di sepanjang ruas jalan ini, setiap Sabtu malam dan Minggu pagi, warga Semarang tumpah ruah berekreasi.

Ruas jalan terbesar di Semarang ini memang cocok untuk rekreasi keluarga dengan anak kecil. Pemerintah Kota Semarang serius menata ruas jalan untuk pariwisata sejak 2011. Trotoar dirapikan, diberi fasilitas tempat sampah dan lampu kota.

Jalan Pahlawan adalah  lokasi kantor gubernur dan DPRD Jawa Tengah, BPS Jateng, Polda Jateng, Kejaksaan Tinggi Jateng, dan Perum Perhutani. Di hari kerja, kawasan yang dikenal sebagai daerah gubernuran ini menjadi tempat para pegawai negeri berkarya.

Jalan Pahlawan mulai ramai orang berekreasi sekitar pukul 18.00 WIB. Adanya banyak pedagang kaki lima semakin menambah daya tarik pusat kota ini. Pecel, nasi rames, nasi lengko, kupat glabed khas Tegal, dan soto adalah beberapa menu kuliner yang dijajakan penjual di sepanjang jalan.

Yang cukup menarik, ada penjual jamu gaul tanpa rasa pahit. Jamu ini memang dibuat untuk orang-orang yang tidak doyan rasa pahit namun ingin mendapatkan khasiat dari jamu. Minuman tradisional jamu rasa buah pun jadi inovasi penting di sini. Rasa-rasa seperti coklat, pisang, teh hijau, dan strawberi yang berpadu dengan jamu itu dijual oleh Reina Herbal Drink Cafe.

Komunitas in line skate, sepeda onthel, dan lainnya sering berkumpul di sepanjang Jalan Pahlawan. Mereka kerap menunjukkan kebolehan mereka di ruas jalan ini.

Kegiatan sosial pun sering diadakan. Ada kegiatan pengumpulan dana sosial dengan cara menjajakan makanan, mengamen, dan menjual baju bekas (ngawul). Uang yang didapat disumbangkan, digunakan untuk bakti sosial, atau membiayai kegiatan kampus.

Setiap Minggu pagi pukul 05.00-09.00 WIB, Jalan Pahlawan adalah salah satu lokasi Car Free Day. Kendaraan bermotor dilarang melintas pada jam-jam ini. Maka dari itu, warga bisa memanfaatkan jalan raya yang lengang untuk bermain, bersosialisasi, atau ngabuburit.

Persewaan otoped, in line skate, skateboard, sepeda, dan sarana transportasi nonmotor lainnya bisa dimanfaatkan untuk berolahraga sembari bermain. Pengunjung juga bisa jalan-jalan naik odong-odong, dokar, atau mobil remote.

No comments yet

leave a comment

*

*

*