Sewa mobil solo ke Pantai Parangtritis : Meninjau Lahan Penuh Gumuk Pasir

gumuk pasir

Pantai Parangtritis disebut-sebut sebagai pantai paling terkenal dan paling ramai di Provinsi D.I. Yogyakarta. Fenomena alam yang ada di Pantai Parangtritis hanya ada di sedikit wilayah di dunia, termasuk salah satunya di Mexico. Apa sebenarnya fenomena alam tersebut?

Fenomena alam yang dimaksud adalah gumuk pasir atau dalam bahasa Inggris disebut sand dunes. Fenomena ini biasanya ada di gurun, bukan di pantai. Adalah hal yang aneh jika gumuk pasir terbentuk di daerah beriklim tropis basah. Padahal, gurun sebagai tempat lazimnya gumuk pasir berada adalah daerah beriklim kering.

Gumuk pasir yang terbentuk di Pantai Parangtritis berasal dari material gunung Merapi. Material pasir terbawa aliran air Sungai Opak hingga Pantai Selatan. Kuatnya gelombang Laut Selatan menghempas pasir-pasir sehingga membentuk gumuk.

Kegiatan yang dapat dilakukan di gumuk pasir adalah sandboarding. Olahraga ekstrem ini telah terkenal di kalangan wisatawan Pantai Parangkusumo. Wisatawan mancanegara dan lokal sangat menikmati kegiatan ini. Sandboarding in Parangkusumo telah menjadi kegiatan sentral di salah satu dari ratusan, bahkan ribuan, pantai di selatan Jawa ini.

Gumuk Pasir Parangtritis

Warga setempat mengaku telah membagi-bagi pengelolaan wisata sandboarding di kawasan gumuk pasir Parangkusumo. Namun, kepopuleran wisata ini ternyata mendesak pengelola wisata menambah sandboards untuk disewakan. Olahraga ini diminati karena sedang ngetren di kalangan anak muda.

Per 2016, pengelola jasa sewa sandboard menarik iuran Rp75.000,00. Setelah itu, pengunjung bisa bermain sepuasnya. Bagi pemula, pengelola akan memberikan arahan singkat agar para pemula bisa turut menjajal olahraga ekstrem ini. Waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas ini adalah sore hari pukul 16.00-18.00 WIB.

Komunitas sandboarding juga turut memeriahkan gelora aktivitas olahraga ini. Komunitas ini juga turut menyumbangkan tenaganya secara rutin untuk membersihkan daerah gumuk pantai. Jadi, selain mempopulerkan olahraga ekstrem sandboard, mereka juga menjaga kelestarian lingkungan.

Lahan gumuk pasir ini sering dijadikan lokasi ideal untuk foto pranikah dan syuting video klip serta film. Tercatat ada Agnes Monica, Letto, dan Bondan & Fade2Black yang memilik gumuk pasir ini sebagai lokasi video klip. Sedangkan film Wanita Berkalung Sorban memakai tempat ini sebagai lokasi syuting salah satu adegan filmnya. Jika anda dari solo, lebih baik untuk menggunakan jasa sewa mobil solo. Anda akan lebih mudah mengunjungi tempat wisata lainnya.

No comments yet

leave a comment

*

*

*